Partisipasi Muktamar Ke-34 NU Bisa Melalui Offline dan Online
Sumber : https://www.nu.or.id/post/read/115996/partisipasi-muktamar-ke-34-nu-bisa-melalui-offline-dan-online



Jakarta, NU Online. Ketua Panitia Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama H Robikin Emhas menyatakan bahwa siapa pun boleh berpartisipasi mensukseskan program 'Koin Muktamar'. Partisipasi tersebut bisa melalui offline maupun online.

Robikin menjelaskan, partisipasi melalui offline adalah dengan cara konvensional, seperti memasukkan uang ke kotak Koin Muktamar. Sementara melalui online bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti transfer ke rekening NU Care-LAZISNU atau lewat aplikasi NUcash.

"Itu dari sisi bentuknya," kata Robikin di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (29/1). Lebih lanjut pria yang juga menjadi Ketua PBNU ini menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan koin muktamar bukan berarti orang yang mau berpartisipasi dengan memasukkan koin ke kotak tersebut.

"Artinya apa? Boleh uang (kertas), boleh natura (barang). Natura mau beras mau kambing itu sudah ada," ucapnya. Ia mencontohkan bagaimana PCNU Mesuji, Lampung yang menyumbangkan 10 ton beras, 1000 ekor ayam, dan 4 ekor sapi. Begitu juga MWCNU Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung akan menyumbang 1 ton bubuk kopi.

Sementara Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam berbagai kesempatan mengajak masyarakat, khususnya warga NU untuk turut menyukseskan program koin muktamar. Kiai Said, Koin Muktamar merupakan terobosan dalam upaya membangun kemandirian NU. "Mari kita sukseskan Muktamar NU ke-34 dengan ikut berpartisipasi melalui gerakan koin muktamar agar kita mendapatkan berkah dari Allah dan mendapatkan rahmat-Nya fid dunia wal akhirat. Koin Muktamar dari NU, oleh NU, untuk NU," kata Kiai Said.

Sebagaimana diketahui, Muktamar NU ke-34 NU akan dilaksankan pada 22-27 Oktober 2020 di Lampung. Pembiayaan untuk perhelatan tertinggi di tubuh NU itu melalui dana yang terkumpul dari program koin muktamar.