PBNU Digitalisasi Pembayaran Zakat, dan Infak Lewat NUcash
Sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/597715/pbnu-digitalisasi-pembayaran-zakat-dan-infak-lewat-nucash



Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengembangkan aplikasi NUcash yang memudahkan kaum Nahdliyyin dan umat Islam secara umum melakukan transaksi digital. Dengan aplikasi NUcash warga NU dapat melakukan donasi ke Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU), membuat KartaNU virtual dan berkontribusi dalam Koin Muktamar NU.

Wasekjen PBNU Muhammad Said mengatakan, NUcash merupakan aplikasi komplit karena di dalamnya ada sejumlah fitur transaksi untuk kebutuhan spesifik berdasarkan ketentuan organisasi sebagaimana yang termaktub dalam AD/ART dan peraturan organisasi. "Misalnya iuran anggota, atau donasi ke LAZISNU menjadi lebih mudah, termasuk Koin Muktamar yang merupakan program kemandirian NU menjadi fitur di dalamya, termasuk KartaNU virtual," ujar Muhammad Said di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Selain itu, NUcash juga bisa digunakan sebagai sarana transaksi NUjek, aplikasi antarjemput yang memudahkan aktivitas dan memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Aplikasi muslim Kesan atau Kedaulatan Santri juga menggunakan NUcash untuk memudahkan transaksi didalamnya. Bahkan, aplikasi Kedaulatan Santri (Kesan) juga menggunakan NUcash untuk memudahkan transaksi di dalamnya, yaitu aplikasi yang berisikan amaliyah dan khasanah santri sebagaimana yang terdapat di pondok pesantren.

Ke depan, aplikasi NUCash, NUjek dan Kesan akan terintegrasi melalui NU Connect yang menyinergikan untuk meningkatkan partisipasi warga nahdliyyin melalui sarana digital.

"Semua ditelaah dan diverifikasi secara cermat menurut regulasi pemerintah maupun prinsip-prinsip organisasi. Tentu akan terus dilakukan perbaikan-perbaikan, dengan tetep memenuhi prinsip Mabadi Khoiro Ummah" sambung Muhammad Said yang akrab disapa Gus Muh.